Pengertian Komputer dan Bagian-Bagiannya

Komputer adalah serangkaian alat atau mesin elektronik yang bekerja secara saling mendukung satu sama lain dalam melakukan perintah secara otomatis melalui instruksi atau program yang diberikan kepada komputer dan memberikan hasil pengolah data, terdiri dari unit pemasukan (input), unit pengolah atau pengontrol (proses), unit penyimpanan dan unit pengeluaran (output).



Kata komputer berasal dari istilah bahasa latin "Computare" dan dari bahasa inggris yaitu "To Compute" yang bisa diartikan sebagai menghitung. secara umum, komputer diartikan sebagai alat pengolah data elektronik yang bekerja dan dikendalikan oleh sekumpulan perintah/intruksi yang disebut Program.


Secara umum, sebuah komputer terdiri sebagai berikut
  • CPU
  • Monitor
  • Keyboard
  • Mouse

CPU (Central Processing Unit)

adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU pada umumnya. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.

Fungsi CPU

Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Monitor

Monitor adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, monitor juga kerap disebut sebagai layar tampilan komputer. Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah CPU, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan monitor. Monitor disebut juga dengan VDU (Visual Display Unit)

Fungsi Monitor


Monitor berfungsi sebagai Output dari memori komputer atau central processing unit berupa biner. Fungsi lainnya dari monitor adalah menampilkan data-data berupa grafis tampilan dari prosesor untuk ditampilkan agar pengguna bisa melihat apa yang sedang dioperasikannya.

Keyboard

Keyboard adalah salah satu perangkat input komputer dimana keyboard berisi susunan huruf, angka, dan fungsi kontrol yang lain.definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.

Fungsi Keyboard


keyboard digunakan sebagai alat untuk menyampaikan data atau perintah dari seseorang ke dalam komputer yang selanjutnya data tersebut akan diubah menjadi bahasa pemrograman yang dimengerti oleh CPU dan kemudian akan diproses secara seksama.

Mouse



Mouse merupakan perangkat input pada komputer yang berfungsi untuk mengarahkan dan juga mengatur posisi kursor ( pointer) sebagai penunjuk tombol atau objek perintah pada desktop di monitor. Pada laptop terdapat bagian yang bernama touchpad, touchpad ini mempunyai fungsi yang sama dengan mouse, karena memang bagian ini merupakan mousenya laptop / notebook.







Komentar

Postingan Populer